NEWS

 
Timnas Indonesia U23 akan berjuang keras untuk merebut medali emas dalam ajang SEA Games 2019 cabor sepak bola, Selasa (9/12/2019) malam. Vietnam akan menjadi lawan Timnas Indonesia dalam menggapai asa untuk menjuarai cabor sepak bola di SEA Games 2019.

Laga seru antara Timnas Indonesia U23 vs Vietnam akan diselenggarakan di Stadion Rizal Memoriam, Filipina. Duel Timnas Indonesia U23 vs Vietnam juga akan disiarkan secara langsung LIVE RCTI mulai pukul 19.00 WIB. Gelandang Persib Bandung, Gian Zola Nasrullah mengungkapkan harapannya agar tim asuhan Indra Sjafri mampu menjadi juara perhelatan SEA Games 2019 cabor sepak bola.

Apalagi, tim Merah Putih terakhir kali menjuarai cabang olahraga tersebut pada tahun 1991 alias 28 tahun silam. Bagi Timnas Indonesia, final SEA Games 2019 Manila adalah final ke-7 bagi skuat Garuda. Akan tetapi, Indonesia baru dua kali meraih medali emas, yakni tahun 1987 dan 1991.

"Memang final besok kedua tim punya peluang menang, tapi saya percaya Indonesia bisa juara dan meraih medali emas," ujar Gian Zola dilansir dari laman resmi Persib.

"Karena sudah lama juga tak mendapatkan emas," kata Zola di sela-sela latihan Persib di Lapangan Lodaya, Senin 9 Desember 2019.

Gian Zola menilai Vietnam bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan, karena mereka memiliki kualitas pemain yang bagus. Apalagi di laga sebelumnya, Vietnam mampu menaklukkan skuat Garuda Muda pada babak penyisihan grup
"Vietnam tim kuat, tapi timnas sebelumnya sudah tahu kekuatan Vietnam, kekalahan kemarin jadi pelajaran buat timnas kita, saya yakin pertandingan nanti ada perubahan yang bisa memenangkan pertandingan," pungkas Gian Zola.

Pertandingan seru antara Timnas Indonesia U23 kontra Vietnam bisa anda secara langsung melalui tayangan televisi di RCTI mulai jam 19.00, Selasa (10/12/2019).

Indra mengatakan pembuktian mental juara anak asuhnya terlihat saat mampu kembali unggul dan memenangkan pertandingan setelah hasil imbang 2-2 di waktu normal.

"Mereka membuktikan punya mental juara. Meski kebobolan dua gol dalam waktu singkat, mereka tetap merespons dengan cara positif."

"Kekuatan mental menjadi kunci untuk mencetak dua gol tambahan lainnya," kata Indra.

Bahkan harapan tinggi untuk meraih emas juga dilontarkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Pencapaian ini mengulang kembali memori SEA Games 1991 yang saat itu Indonesia mampu meraih emas setelah menang melawan Thailand di final setelah melalui babak adu pinalti.

Timnas Indonesia yang saat itu masih diwakili oleh para pemain senior bukan seperti sekarang yang mengirimkan tim U-23, bermain bagus sejak babak fase grup.